Rilis Daftar Kelompok Muslim Diduga terkait Al-Shahab, Kenya Dikecam

Berita Dunia Islam – Nairobi : Kelompok hak asasi manusia mengkritik pemerintah Kenya pada Selasa (14/4/2015) karenasudah merilis nama-nama kelompok Muslim yang baru diduga sebagai pendukung al Shabaab, seperti dilansir World Bulletin.

Afrika Haki dan Muslim untuk Hak Asasi Manusia (Muhuri), keduanya bertempat di kantor pusat di Mombasa, dimasukkan pada daftar 86 kelompok dan individu yang diduga terkait dengan Al Shabaab. Daftar itu sendiri dirilis oleh pemerintah Kenya sehari setelah serangan 2 April silam.

Langkah ini kontan langsung dikritik oleh para ahli keamanan dan aktivis lokal. Kenya disebut mengandalkan taktik polisi dalam perjuangan melawan agresi, termasuk melakukan penangkapan massal dan menyalahkan atau mengasingkan umat Islam, padahal seharusnya, menurut kelompok hak asasi, pemerintah Kenya melibatkan mereka.

“Usaha kontraterorisme hanya bisa berhasil jika masyarakat sipil dan pemerintah bekerja sama melawan ekstremisme,” ujar salah satu perwakilan dari 15 kelompok masyarakat sipil, termasuk Human Rights Watch dan Komisi Hak Asasi Manusia Kenya dalam sebuah pernyataan bersama.

“Antagonisme berkelanjutan masyarakat sipil hanya akan memperburuk situasi dan memprihatinkan,” tambah mereka.

(islampos)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s